Jumat, 19 April 2013

MANUSIA DAN PENGALAMAN ADALAH GURU

Setiap manusia adalah guru karena dengan berbedanya tempat, pengalaman, pendidikan dan lainya berarti berbeda pula pengetahuan dan ilmu yang dimiliki.dalam diri masing masing manusia. Dalam suatu riwayat Ali bin Abi Thalib pernah berkata "Undzur maa qoola, walaa tandzur man qoola" Lihatlah apa yang dikatakan, dan jangan kau melihat siapa yang mengatakan. Terkadang yang lebih muda bisa saja memberikat pengetahuannya pada yang lebih tua jika memang itu benar adanya atau bisa saja seorang tukang kuli bisa memberikan ilmunya kepada seorang profesor, hal ini tergantung dari hal apa yang menjadi pokok ajarannya.

setiap peristiwa adalah pengalaman jika manusia mau mengambil hikmah untuk pelajaran. NAh  ada peribahasa yang mengatakan bahwa "Pengalaman itu merupakan guru yang terbaik". Pengalaman dalam bentuk keberhasilan ataupun kegagalan dapat menjadi guru yang terbaik  jika manusia itu bisa berfikir jernih untuk bisa menanggapi pengalaman tersebut. Namun biasanya kegagalan lebih bisa melekat sebagai pelajaran karena otak masih menyimpan hal itu pada berkas yang masih belum terselesaikan sehingga otang mencari bagaimana pemecahan yang efisien dan efektif. 

Adapun kita bisa memanfaatkan pengalaman orang lain yang mungkin bisa menjadi ILmu bagi kita dan kita tak harus mengecap pahitnya pengalaman tersebut. Kerugiannya adalah kita harus membutuhkan waktu lebih tuk bisa memahaminya dan waktu melekat dalam otaknya pun mudah terkelupas. Namun beberapa orang sukses berpendapat bahwa dengar seringnmya mendengar pengalaman sukses seseorang maka dengan izin Tuhan kita yang mendengarkan akan tertular kesuksesan tersebut.


manusia dan pengalaman menjadi guru asal kita berfikir cerdas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar